Home » DOTA2 » Musim Baru Untuk Dota 2 Ranked, Kesempatan Raih Medal Lebih Tinggi

Musim Baru Untuk Dota 2 Ranked, Kesempatan Raih Medal Lebih Tinggi

Enam bulan telah berlalu sejak awal diperkenalkannya sistem medal pada Dota 2. Sistem yang diperkenalkan November tahun lalu ini membawa beberapa perubahan termasuk medal yang dapat menjadi indikator skill kita dalam game ini.

Setelah enam bulan berlalu, sesuai penjelasan pihak valve yang dulu menyebutkan bahwa dalam setahun akan ada dua musim untuk sistem ranked, maka saatnya telah tiba untuk memulai musim yang baru.

Setiap ID akan]dan harus melalui proses kalibrasi lagui sebanyak 10 pertandingan untuk menentukan medal yang akan didapatkan untuk musim kali ini. MMR terakhir yang dimiliki sebelum musim baru ini akan dijadikan patokan awal untuk menentukan MMR serta medal baru ditambah perhitungan dari hasil 10 game kalibrasi.

Dari segi perhitungan dalam kalibrasi, ada beberapa perubahan juga. Apabila dulunya statistik seperti kill death asssist, gpm, damage hero dll diperhitungkan dalam kalibrasi, maka untuk musim ini yang diperhitungkan hanya dari hasil pertandingan menang atau kalah. Mungkin ini untuk membuat proses kalibrasi lebih baik dan tidak ada kesnjangan antara role, dimana musim lalu saat kalibrasi player lebih memilih bermain r]rena akan memiliki hasil yang lebih dibanding bila bermain role support.

Untuk medalnya sendiri ada beberapa perubahan, yang pertama yaitu apabila dulunya ada 6 stars yang harus di lewati sebelum naik ke medal selanjutnya, maka kali ini hanya akan ada 5 stars saja. Jadi medal hanya akan memiliki 1 sampai 5 star, tidak ada medal dengan 0 star.

Apabila sobat esports memiliki skill yang sangat tinggi dan masuk ke jajaran pemain yang ranknya masuk leaderboard, maka sobat akan mendapatkan medal baru yaitu “immortal”. Medal immortal memiliki tampilan yang lebih bagus dari medal divine, dan tercantum rank yang didapat saat ini di leaderboard.

Berikut adalah pembagian kelas medal dalam sistem rank musim ini:

-Herald (1-5 stars)
-Guardian (1-5 stars)
-Crusader (1-5 stars)
-Archon (1-5 stars)
-Legend (1-5 stars)
-Ancient (1-5 stars)
-Divine (1-5 stars)
-Immortal (Leaderboard-ranked)

Untuk info tambahan, medal yang terpampang di profil tidak menunjukkan MMR kita saat ini, melainkan menunjukkan perolehan mmr tertinggi yang kita dapatkan musim ini. Jadi misal kita berhasil kalibrasi dengan MMR 3,5K dan mendapat medal legend, apabila kita mengalami kekalahan terus menerus dan MMR turun sampai 2K medal yang terpampang tetaplah medal legend, tidak akan turun ke medal archon.

Dengan adanya musim baru ini, tentunya sobat bisa memulai lagi dengan 10 game kalibrasi dan apabila hasil saat kalibrasi bagus, bisa saja sobat mendapatkan medal yang lebih tinggi dari musim lalu. Selamat mencoba dan semoga berhasil dalam proses kalibrasi musim baru ini, salam esports.