Home » MOBILE LEGENDS » Mobile Legends Professional League Season 2 Akan Dimulai, Ayo Daftar dan Ramaikan.

Mobile Legends Professional League Season 2 Akan Dimulai, Ayo Daftar dan Ramaikan.

Moonton akan kembali menggelar ajang komng bergengsi di Indonesia, yaitu Mobile Legends Professional League (MPL) Season 2.

Setelah sukses menggelar MPL Indonesia Season 1 yang dimulai dari tanggal 1 Desember 2017 (online qualifier) sampai tanggal 1 April 2018 (grand final MPL Indonesbile Legends Indonesia.

SISTEM TURNAMEN MPL INDONESIA SEASON 2

MPL Indonesia Season 2 yang bertajuk Break The Limit akan menggunakan sistem turnamen yang sedikit berbeda dengan Season 1.

Jika tim-tim peserta dari MPL Indonesia Season 1 berasal dari kualifikasi online, MPL Indonesia Season 2 menggunakan sistem direct invite sebagai bentuk penghargaan untuk tim-tim yang berprestasi selama gelaran Season 1.

Namun demikian, babak kualifikasi daring di Season 2 juga masih akan digunakan untuk memberi kesempatan bagi tim-tim baru. Nantinya, akan ada 2 babak kualifikasi daring dengan jadwal sebagai berikut:

1. Qualifier 1 (Q1) yang akan diadakan pada tanggal 8-10 Juni 2018
2. Qualifier 2 (Q2) yang akan diadakan pada tanggal 22-24 Juni 2018

Format pertandingan yang akan digunakan di fase qualifier ini adalah Bo1 (best of one) sebelum babak perempat final dan Bo3 untuk perempat final sampai ke penentuan juara.

Masa pendaftaran untuk kualifikasi pertama (Q1) akan dibuka tanggal 30 Mei 2018.
Tiga tim teratas dari Q1 dan Q2 akan mendapatkan kesempatan untuk bertanding di qualifier final yang akan diadakan pada tanggal 6-8 Juli 2018.

Selain 6 tim dari Q1 dan Q2 tadi, 4 tim di peringkat 5-8 dari Grand Final MPL Indonesia Season 1 akan langsung bertanding di babak ini. Bisa dibilang, babak Qualifier Final akan menampilkan 10 tim (6 dari kualifikasi dan 4 peringkat 5-8) yang akan bertanding dengan format Round Robin (Bo1).

Dari babak tersebut, enam tim dengan peringkat tertinggi akan lolos ke Regular Season. Mereka yang berhasil lolos akan menyusul empat tim peringkat teratas Grand Final MPL Indonesia Season 1.

Kali ini, jadwal Regular Season MPL Indonesia Season 2 akan dipersempit selama enam fase. Beda dari gelaran sebelumnya yang diselenggarakan dalam tujuh fase. Hal ini sendiri dilakukan untuk mempersingkat jadwal dan agar jadwal lebih efektif.

Jadwalnya sebagai berikut:

-Week 1: 7-9 September 2018
-Week 2: 14-16 September 2018
-Week 3: 28-30 September 2018
-Week 4: 5-7 Oktober 2018
-Week 5: 12-14 Oktober 2018
-Week 6: 19-21 Oktober 2018

Prize Pool dan Distribusi

MPL Indonesia Season 2 telah menyiapkan total hadiah sebesar US$100 ribu (setara Rp1.4 milyar). Distribusi hadiah pada fase grand final akan diumumkan di kemudian hari. Namun Moonton telah menentukan pembagian hadiah selama masa regular season.

Setiap tim yang berlaga di Regular Season akan mendapatkan uang akomodasi sebesar 300 dolar setiap minggunya.

Setiap poin kemenangan selama Regular Season juga akan mendapatkan hadiah uang tunai yang sedikit berbeda dengan Season 1. Hal ini dilakukan karena format yang digunakan sekarang adalah best-of-3.

Setiap poin kemenangan yang berhasil diraih oleh satu tim adalah 200 dolar. Namun, tim yang berhasil menang dengan skor 2-0 akan mendapatkan hadiah 600 dolar. Jadi, menang dengan skor 2-1 hanya akan mendapat hadiah sebesar 400 dolar.

Streaming dan Kompetisi Kreatif

Selain mengumumkan segera menyelenggarakan MPL Indonesia Season 2, Moonton juga telah menyiapkan sejumlah kompetisi dan turnamen lain.

Salah satunya adalah Creative Competition untuk tim-tim yang berhasil lolos ke babak Regular Season. Setiap tim akan diwajibkan untuk membuat konten kreatif berupa video yang akan didistribusikan di kanal distribusi resmi Mobile Legends. Pemenang dari kompetisi kreatif ini nantinya akan mendapatkan hadiah sebesar 2500 dolar.

Kompetisi Selanjutnya

Enggak hanya itu, Moonton juga telah menyiapkan dua turnamen resmi lainnya. Pertama ada Monthly Cup, turnamen berskala kecil yang akan dilangsungkan setiap bulannya. Kedua ada City Cup, turnamen yang rencananya akan diadakan di kota-kota besar di seluruh Indonesia.

Kabar baiknya, Moonton juga siap mengadakan Mobile Legends South East Asia Cup (MSC) 2018. Sayangnya, mereka belum memberikan informasi lebih lanjut terkait detail kompetisi ini.

Bagaimana sobat esports sekalian? menarik bukan event-event Mobile Legends yang akan digulirkan nanti? Semoga dengan banyaknhya kompetisi yang ada akan membuat game kesayangan kita ini semakin ramai dan seru baik untuk dimainkan atau untuk ditonton.