Home » CSGO » Dota 2 Update Patch 7.19b: Perubahan Pasca The International 2018

Dota 2 Update Patch 7.19b: Perubahan Pasca The International 2018

Sekitar satu minggu setelah usainya gelaran The International 2018, Valve segera meluncurkan update patch yang tentunya mengincar meta yang tercipta dari permainan di The International 2018 tersebut. Hal ini tentunya dilakukan agar keseimbangan hero dan gameplay tetap terjaga.

Sabtu lalu, Dota 2 mengeluarkan patch 7.19b yang berusaha untuk melemahkan beberapa hero yang menjadi meta di The International 2018. Sayangnya enggak ada buff yang diterima dari beberapa hero yang enggak bersinar di TI kemarin.

Tercatat sejumlah 20 dari 25 hero favorit yang dimainkan di The International 2018 mendapatkan sejumlah perubahan, dan tentunya sebagian besar perubahan itu berupa nerf, sesuai dengan tujuannya yaitu menyeimbangkan dengan hero lainnya yang kurang populer di meta sekarang.

Tentunya selain nerf kepada hero-hero yang populer di meta saat ini, banyak aspek lain juga yang mengalami perubahan, seperti misalnya perubahan pada beberapa item, serta yang paling disoroti adalah beberapa mekanik di dalam game. Contoh paling jelas adalah perubahan yang dilakukan pada buyback dan glyph.

Byback dirubah supayasemakin balance. Seperti diketahui, di patch sebelumnya pemain cenderung suka-suka untuk melakukan buyback karena dirasa kurang menghukum. Selain murah di awal level, tidak ada gold penalty membuat pemain lebih baik buyback dan mencari gold lebih banyak daripada membuang waktu menunggu hero respawn. Kini, buyback akan selalu menambah 25 detik dari waktu kematian per level alih-alih plus 25% per level.

Sistem ini akan lebih meringankan bagi pemain yang ingin buyback di late game karena waktu kematian akan lebih singkat. Di level 25, total waktu kematian adalahh 100 detik, dengan begitu jumlah waktu yang diperlukan sehabis melakukan buyback adalah 125 detik saja. Di patch sebelumnya, total waktu respawn untuk buyback bisa mencapai 150 detik. Di lain sisi, respawn pada early game sehabis buyback akan berikan timer lebih lama ketimbang patch sebelumnya.

Untuk Glyph, tentu juga mendapatkan perubahan tentang waktu penggunaannya. Sebelumnya kita melihat aktivasi glyph di menit-menit awal yang berguna untuk mengganggu last hits. Selain digunakan untuk mengganggu creeping di menit awal, ini juga akan berdampak pada tower di early game yang akan menerima damage tanpa adanya bantuan glyph.

Di patch terbaru ini, Glyph of Fortification kini tak bisa digunakan sebelum menit ketiga pertandingan. Hal ini disebabkan oleh akal-akalan para profesional di patch kemarin menggunakan glyph untuk keuntungannya, membuat kebal creep sehingga tidak bisa dibunuh untuk menghambat laju level lawan. Cara ini sangat berguna untuk para midlaner.

Beberapa item juga tidak lepas dari perubahan, Spirit Vessel dikurangi efek dari heal dan movement speednya, Phase boots juga mendapatkan penurunan efek apabila hero yang menggunakannya bertipe range. Sementara beberapa item mendapatkan sedikit buff, contohnya Mekansm dan Guardian Greaves yang ditingkatkan jumlah healnya, serta stout shield yang mendapat peningkatan dmg block apabila yang menggunakannya adalah hero bertipe melee.

Seperti yang disebutkan bahwa sejumlah hero banyak terkena nerf apalagi yang tergolong laris saat turnamen The International 8. Di antaranya Alchemist, Broodmother, Clinkz, Crystal Maiden, Dark Willow, Drow Ranger, Enchantress, Huskar, IO, Spectre, Tinya Vengeful Spirit, Wraith King dan lainnya.

Nah itulah beberapa poin penting dari update patch 7.19b ini, untuk info lengkap bisa sobat baca disini. Bagaimana apakah hero favorit sobat terkena nerf? semoga itu tidak mengurangi minat kita untuk memainkan game kesayangan kita ini, salam esports.